ANALISIS PENDEKATAN MODEL KURIKULUM HUMANISTIK PADA PENGEMBANGAN KURIKULUM SEKOLAH MINGGU BUDDHA (SMB)

Authors

  • bondan ade prasetya Sekolah Tinggi Agama Buddha Maha Prajna Jakarta
  • Suparman., M.Pd.B Sekolah Tinggi Agama Buddha Maha Prajna

Keywords:

kurikulum, Model Humanistik, Sekolah Minggu Buddha (SMB)

Abstract

Tulisan ini bermaksud untuk memberikan gambaran tentang analisis pendekatan model kurikulum humanistik pada pengembangan kurikulum sekolah minggu Buddha (SMB). Rumusan masalah dalam tulisan ini difokuskan pada bagaimana tinjauan terhadap kurikulum pendekatan model humanistik. Tulisan ini merupakan hasil kajian pustaka yang dikumpulkan penulis dari berbagai sumber jurnal dan artikel yang sesuai dengan tujuan penelitian. Dari hasil penelitian terlihat bahwa terdapat banyak persamaan antara model pengembangan kurikulum humanistik dan isi dari prinsip-prinsip kurikulum Sekolah Minggu Buddha (SMB).

References

Herpratiwi, Teori Belajar dan Pembelajaran, Bandar Lampung: Universitas Lampung, 2009.

Keputusan Direktur Jendral Bimbingan Masyarakat Buddha No. 63 Tahun 2017 Tentang Kurikulum Pendidikan Sekolah Minggu Buddha.

Kholik, A. N. (2019). Landasan Psikologis Pengembangan Kurikulum Abad 21. Jurnal As-Salam I, Vol.III(E-ISSN: 2461-0232), 65–86.

M. Dalyono, Psikologi Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta, 2012.

Miswanto, R. (2015). Pengembangan1 Kurikulum Pendidikan1 Dalam Perspektif Kurikulum1 Humanistik. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar Volume 2 Nomor 2 Desember 2015 p-ISSN 2355-1925.

Mubarok, A. A., Aminah, S., Sukamto, S., Suherman, D., & Berlian, U. C. (2021). Landasan Pengembangan Kurikulum Pendidikan di Indonesia. Jurnal Dirosah Islamiyah, 3(1), 103–125. https://doi.org/10.47467/jdi.v3i2.324

Pranata, J., & Wijoyo, H. (2020). Analisis Upaya Mengembangkan Kurikulum Sekolah Minggu Buddha (Smb) Taman Lumbini Tebango Lombok Utara. 778–786.

Salmin, R. (2017). Landasan Pengembangan Kurikulum. Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbyah Dan Keguruan Iain Ambon.

Sukardjo dan Ukim Komarudin, Landasan Pendidikan, Konsep dan Aplikasinya, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2009.

Suprihatin, (2017). Pendekatan Humanistik Dalam Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Potensia: Jurnal Kependidikan Islam, Vol. 3, No. 1, Januari – Juni 2017.

Syarif, Hamid. 1993. Pengembangan kurikulum. Garoeda Oetama. Pasuruan.

Wijoyo, H., & Nyanasuryanadi, P. (2020). Analisis Efektifitas Penerapan Kurikulum Pendidikan Sekolah Minggu Buddha Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat, II(2), 167–174.

Downloads

Published

2025-05-21

How to Cite

ANALISIS PENDEKATAN MODEL KURIKULUM HUMANISTIK PADA PENGEMBANGAN KURIKULUM SEKOLAH MINGGU BUDDHA (SMB). (2025). Jurnal Pendidikan, Sains, Sosial Dan Agama (Dharma Edukasi), 1(1), 48-55. https://ejournal.mahaprajnastab.ac.id/index.php/DharmaEd/article/view/5