AUTHOR GUIDELINES

Judul

Judul ditulis singkat, jelas dan mencerminkan isi naskah dengan huruf kapital (UPPERCASE) ditulis rata tengah dengan jumlah kata maksimal 14 tebal/bold menggunakan font Palatino Linotype 14 pt.

Penulis

Nama Penulis1, Nama Penulis2, dst…. (Palatino Linotype, 12; nama ditulis tanpa gelar)

Asal Lembaga Penulis (Palatino Linotype, 12)

Email penulis1, Email penulis2, dst…(Palatino Linotype, 12)

Abstrak (Bold, 12pt)

Abstrak ditulis tidak lebih dari 250 kata, ditulis dengan spasi satu menggunakan huruf Book Antiqua 12pt dan dibuat dalam dua bahasa, yaitu Indonesia dan Inggris. Pada awal kalimat penulis dapat mengungkapkan sekilas tentang latar belakang penelitian yang sangat mendasar tetapi tidak boleh lebih dari 2 kalimat. Selanjutnya berisi tujuan penelitian. Pada bagian ini uraikan singkat bagaimana data dikumpulkan dan bagaimana data dianalisis. Selanjutnya disampaikan singkat hasil penelitian yang didapatkan. Hasil penelitian harus memiliki porsi yang lebih besar daripada poin-poin sebelumnya dengan persentase minimal 50% dari keseluruhan isi abstrak. Pada abstrak dapat diungkapkan implikasi penelitian. 

Kata kunci:  daftarkan 3 hingga 4 kata atau frasa kunci di sini dipisah dengan tanda koma.

PENDAHULUAN

(Huruf Book Antiqua, 12 Spasi 1.15) Pendahuluan harus berisi (secara berurutan) latar belakang umum, kajian literatur terdahulu (state of the art) sebagai dasar pernyataan kebaruan ilmiah dari artikel, pernyataan kebaruan ilmiah, dan permasalahan penelitian atau hipotesis. Di bagian akhir pendahuluan harus dituliskan tujuan kajian artikel tersebut. Di dalam format artikel ilmiah tidak diperkenankan adanya tinjauan pustaka sebagaimana di laporan penelitian, tetapi diwujudkan dalam bentuk kajian literatur terdahulu (state of the art) kemudian diikuti dengan pernyataan kebaruan ilmiah artikel tersebut. Kutipan harus ditulis dengan menggunakan format bodynote seperti (Uwuigbe & Ajibolade, 2013), (Wang, 2016), (Muttakin et al., 2015) dan relevan dengan daftar Pustaka/ Bibliografi (disarankan menggunakan Aplikasi Mendeley).

 KAJIAN TEORITIS

(Huruf Book Antiqua, 12 Spasi 1.15) Bagian ini berisi ringkasan kajian teoritis terkait masalah yang diteliti, Serta hasil penelitian yang dianggap mendukung variabel penelitian. Bagian ini menguraikan teori-teori relevan yang mendasari topik penelitian dan memberikan ulasan tentang beberapa penelitian sebelumnya yang relevan dan memberikan acuan serta landasan bagi penelitian ini dilakukan. Jika ada hipotesis, bisa dinyatakan tidak tersurat dan tidak harus dalam kalimat tanya. Referensi paling banyak diambil dari jurnal nasional ataupun internasional terbaru yang diterbitkan. Bagian ini ditulis sekitar 10% dari tubuh artikel, termasuk judul dan abstrak.

METODE PENELITIAN

(Huruf Book Antiqua, 12 Spasi 1.15) Metode penelitian (Kualitatif atau Kuantitatif) penulis mampu menerangkan dengan jelas bagaimana melakukan penelitian untuk : (1) memungkinkan pembaca mengevaluasi pekerjaan yang dilakukan dan (2) memungkinkan orang lain untuk mengulang penelitian penulis. Penulis harus menjelaskan dengan tepat apa yang penulis lakukan : apa dan bagaimana eksperimen dijalankan, apa, berapa banyak, seberapa sering, di mana, kapan, dan mengapa peralatan dan bahan digunakan. Pertimbangan utamanya adalah untuk memastikan bahwa cukup detail yang diberikan untuk memverifikasi temuan penulis dan untuk memungkinkan pengulangan penelitian. Penulis harus menjaga keseimbangan antara keringkasan (Penulis tidak dapat menjelaskan setiap masalah teknis) dan kelengkapan (Penulis perlu memberikan detail yang memadai sehingga pembaca tahu apa yang terjadi). Bagian ini ditulis sebanyak maksimal 10% (untuk penelitian kualitatif) atau maksimal 15% (untuk pencarian ulang kuantitatif) dari tubuh artikel.

HASIL DAN PEMBAHASAN

(Huruf Book Antiqua, 12 Spasi 1.15) Hasil dan Pembahasan adalah untuk menyatakan temuan penulis dan membuat interpretasi dan/atau opini, menjelaskan implikasi temuan penulis, dan membuat saran untuk penelitian di masa mendatang. Fungsi utamanya adalah untuk menjawab pertanyaan yang diajukan dalam Pendahuluan, menjelaskan bagaimana hasil mendukung jawaban dan, bagaimana jawaban sesuai dengan pengetahuan yang ada tentang topik tersebut. Subtitel hasil dan subtitel diskusi disajikan secara terpisah. Bagian ini harus menjadi bagian terbanyak, setidaknya 60% dari seluruh tubuh artikel.

 Pembahasan

Bagian ini berisi hasil analisis data, instrumen pengujian dan hipotesis (jika ada), jawaban atas pertanyaan penelitian, temuan dan interpretasi temuan. Temuan penelitian dianalisis menggunakan teori yang relevan dari artikel penelitian terkait. Hasil penelitian diarahkan untuk menjawab tujuan penelitian. Pada bagian pembahasan, penulis menjelaskan hasil penelitian dengan memperhatikan interpretasi, generalisasi dan kesimpulan. Hasil dan pembahasan harus disajikan pada bagian yang sama, jelas dan singkat. Bagian diskusi harus berisi manfaat hasil penelitian, bukan bagian hasil berulang. Hasil pencarian ulang dapat dilengkapi dengan tabel, gambar, atau grafik (istilah penulisan terpisah) untuk memperjelas diskusi. Hindari menyajikan data serupa dalam tabel terpisah.  Analisis harus menjawab kesenjangan yang dinyatakan. Data kualitatif, misalnya hasil wawancara, dibahas dalam paragraf. Referensi yang terkandung dalam pendahuluan tidak boleh ditulis ulang dalam diskusi. Perbandingan dengan penelitian sebelumnya harus disajikan.

Hasil dan Pembahasan Kuantitatif/Menulis Persamaan Matematika

Hasil dapat disajikan dalam bentuk tabel numerik, grafik, deskripsi verbal, atau kombinasi ketiganya. Tabel, bagan, atau gambar tidak boleh terlalu panjang, besar, atau banyak. Penulis harus menggunakan variasi dalam penyajian tabel, grafik, atau deskripsi verbal. Angka dalam tabel tidak boleh diulang dalam narasi verbal baik sebelum atau sesudahnya. Persamaan matematik harus diberi nomor secara berurutan dan dimulai dengan (1) sampai akhir makalah termasuk appendix. Penomoran ini harus diawali dan diakhiri dengan kurung buka dan kurung tutup dan rata kanan. Tambahkan satu garis kosong di atas dan di bawah persamaan. Ukuran pada persamaan adalah Full 11pt, Subscript/superscript 8 pt, Sub-Subscript/superscript 6pt, Symbol 12 pt, Sup-symbol 10 pt. Sisipkan (insert) equation untuk menuliskan persamaan matematika dengan style math.

Semua penulisan variabel ditulis dengan italic dengan index angka dalam century schoolbook, contoh, X1,…, Xn. Yi,i=1,…,n. Gunakan tanda ” : ”untuk jelaskan arti variable dan ”=” jika variable itu bernilai sebuah angka atau persamaan.  N: jumlah data,  X=1.  Penulisan angka desimal dipisahkan dengan koma ”,” dan bila lebih dari satu gunakan titik koma, ”;”, sebagai pemisah Misal (0,234; 123,135; 4562,234). Semua parantheses ditulis dengan huruf Century Schoolbool, (X1,X2), [i].

 Gambar, Grafik dan Tabel

Pada setiap gambar harus diberikan keterangan di bawah gambar. Keterangan pada tabel diberikan di atas tabel. Keterangan dituliskan dengan huruf kecil kecuali pada karakter pertama pada tiap kalimat. Seluruh gambar harus diberi penomoran secara berurutan. Gambar diletakkan di tengah halaman (center alignment), sedangkan tabel diawali di pinggir kiri (left alignment) halaman.

Hasil dan Pembahasan Kualitatif/Menulis persamaan deskriptif

Hasil pendekatan penelitian kualitatif yang berasal dari wawancara, observasi, interpretasi konten teks, dll diringkas, diringkas, atau dibuat menjadi ringkasan substansial. Hasil yang disajikan merupakan temuan yang dapat disajikan dalam bentuk tabel deskriptif untuk memudahkan pemahaman oleh pembaca. Cuplikan wawancara, deskripsi pengamatan, kutipan teks, dll yang berisi temuan utama atau jawaban atas pertanyaan penelitian disajikan dalam diskusi sebagai contoh otentik.

Pembahasan

Pembahasan dimaksudkan untuk menafsirkan dan menafsirkan hasil penelitian sesuai dengan teori yang digunakan dan tidak hanya menjelaskan temuan. Pembahasan tersebut harus diperkaya dengan merujuk atau membandingkan hasil penelitian sebelumnya yang telah dipublikasikan di jurnal ilmiah bereputasi dan bukan dari jurnal predator. Dalam pembahasan, disarankan juga untuk mengintegrasikan hasil-hasil penelitian ke dalam kumpulan teori-teori atau pengetahuan yang telah ditetapkan, perumusan teori-teori baru, modifikasi teori-teori yang ada, dan implikasi dari hasil-hasil penelitian.

KESIMPULAN

(Huruf Book Antiqua, 12 Spasi 1.15) Menyajikan kesimpulan hasil penelitian, saran yang disampaikan peneliti, dan implikasinya terhadap penelitian selanjutnya. Kesimpulan penelitian disajikan secara singkat, naratif dan konseptual yang menggambarkan temuan penelitian dan dampaknya. Harap hindari menggunakan pointer. Kesimpulan tidak hanya mengulang data, tetapi dalam bentuk substansi yang bermakna. Ini bisa menjadi pernyataan tentang apa yang diharapkan, seperti yang dinyatakan dalam bab "Pengantar" yang pada akhirnya dapat menghasilkan bab "Hasil dan Pembahasan", sehingga ada kompatibilitas. Selain itu, juga dapat ditambahkan prospek pengembangan hasil penelitian dan prospek aplikasi penelitian ke depan (berdasarkan hasil dan pembahasan).

UCAPAN TERIMA KASIH

Ucapan terima kasih kepada Jurnal DharmaEd, Sekolah Tinggi Agama Buddha Maha Prajna, telah mempublish artikel jurnal.

REFERENSI

Daftar pustaka yang ditulis hanya benar-benar dirujuk dalam artikel dan disusun menurut abjad. Menggunakan manajemen reference zotero atau mendeley dengan style APA (American Psychological Association), jumlah rujukan minimal 20, kebaruan 5 tahun terakhir dengan 75% diantaranya adalah dari jurnal nasional dan internasional. Penulis harus melakukan sitasi terhadap minimal 2 artikel yang ada di jurnal ini. Artikel harus mengutip nama belakang dan tahun referensi. Jika mengutip dari artikel yang ditulis oleh dua penulis, maka semua nama penulis harus dikutip. Sedangkan jika mengutip dari artikel yang ditulis oleh tiga penulis atau lebih, maka dikutip dengan menuliskan nama penulis terlebih dahulu diikuti dengan dkk. Segala sesuatu yang dirujuk dalam artikel harus ditulis dalam daftar pustaka dan sebaliknya segala sesuatu yang ditulis dalam daftar pustaka harus dirujuk dalam artikel. Referensi harus berasal dari jurnal daripada buku atau prosiding. Penulis wajib menyajikan daftar pustaka secara valid sesuai dengan sumber aslinya dan menulis DOI (digital object identifier) khususnya untuk perpustakaan dalam bentuk jurnal.

Bibliografi

Pustaka yang berupa judul buku

Arikunto, Suharsimi. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Rukiyah, A. Y., & Yulianti, Lia. (2014). Asuhan Kebidanan Kehamilan Berdasarkan Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta Timur: CV. Trans Info Media.

Pustaka yang berupa jurnal ilmiah

Rohmawati, L. (2019). Pengaruh Pengawas dan Direksi Wanita Terhadap Risiko Bank Dengan Kekuasaan CEO Sebagai Variabel Pemoderasi (Studi Bank Umum Indonesia). Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 4(9), 26–42.

Ayoib, C. A., & Nosakhare, P. O. (2015). Directors culture and environmental disclosure practice of companies in Malaysia. International Journal of Business Technopreneurship, 5(1), 99–114.

Wang, Ning Tao, Huang, Yi Shin, Lin, Meng Hsien, Huang, Bryan, Perng, Chin Lin, & Lin, Han Chieh. (2016). Chronic hepatitis B infection and risk of antituberculosis drug-induced liver injury: Systematic review and meta-analysis. Journal of the Chinese Medical Association, 79(7), 368–374

Pustaka yang berupa Prosiding Seminar:

Roeva, O. (2012). Real-World Applications of Genetic Algorithm. In International Conference on Chemical and Material Engineering. Semarang, Indonesia: Department of Chemical Engineering, Diponegoro University

Pustaka yang berupa disertasi/thesis/skripsi:

Hermanto, B. (2012). Pengaruh Prestasi Trainin, Motivasi Dan Masa Kerja Teknisi Terhadap Produktivitas Teknisi Di Bengkel Nissan Yogyakarta, Solo, dan Semarang. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Pustaka yang berupa patent:

Primack, H.S. (1983). Method of Stabilizing Polyvalent Metal Solutions. US Patent No. 4,373,104.